Evaluasi Day 4

KESAN DAN PESAN PKKMB JURUSAN UNIVERSITAS LAMPUNG


Hari Pertama Penyampaian Materi Tentang Ekosistem Pendidikan Tinggi yang di sampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M. Si. 

Menjelaskan tentang kumpulan umpulan elemen pendidikan yang terikat dalam sebuah lingkungan untuk mencapai tujuan tertentu ini disebut ekosistem pendidikan tinggi. Fakultas Pertanian Universitas Lampung mempunyai Visi dan Misi, yaitu : 

Visi Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Fakultas Pertanian menjadi pusat pendidikan, riset, dan inovasi biomassa tropika berbasis potensi daerah. 

Misi FP Universitas Lampung : 

1. Mengembangkan Thidharma PT yang bermutu dan Inovatif, dengan dukungan sarana prasarana memadai, serta sistem penjaminan mutu.   2. Mengembangkan FP Unila menjadi organisasi yang sehat dengan sistem tata kelola yang baik.   3. Meningkatkan kapasitas, integritas dan kinerja SDM menuju peningkatan kesejahteraan dan partisipasi.                                           4. Mengembangkan kerjasama dengan pemerintah, industri dan perguruan tinggi lain di tingkat nasional dan internasional serta pencitraan FP. 

Adapun Faktor Kemajuan Suatu Bangsa yaitu :

1. Inovasi (Sumber Daya Manusia) : 45%

2. Link / Network : 25%

3. Teknologi : 20%

4. SDA : 10%

Kompetensi Lulusan : 

Berkomunikasi Tertulis

Bekerjasama dalam tim

Berfikir Analisis

Ilmu Pengetahuan

Bekerja Mandiri

Berfikir Logis

Teknologi

Resolusi Industri 4.0 Indonesia perlu meningkatkan kualitas keterampilan tenaga kerja dengan teknologi digital : Internet Things, Artificial Intelligence, Big Data, Robotic, Machine Learning.

Bidang keilmuan baru dalam ekonomi digital  yaitu Klaster teknologi informasi yang meliputi kecerdasan bautan, mesin pembelajaran, otomasi, keamanan siber, big data, dan analisa data. Klaster bioteknologi, ilmu biomedi, teknik biomedia, pemetaan struktur, fungsi dan rekayasa gen, dan perawatan kesehatan. Klaster tentang iklim, energy, sumber daya alam, dan lingkungan. Klaster keempat, berisi ilmu-ilmu yang berhubungan dengan dunia seni digital, desain digital, dan teknologi kreatif. 

Adapun Revolusi Pendidikan Tinggi yaitu Universitas 1.0  : Pengajaran (Kuliah dan Hapalan), Universitas 2.0  : Berpusat pada peserta didik, Universitas 3.0  : Penelitian (Pendidikan Menghasilkan Pengetahuan), Universitas 4.0  : Inovasi (Pendidikan Menghasilkan Inovasi)

Plagiarisme dan segala bentuk disintegrasi akademik : Musuh dunia pendidikan            Integritas akademik : Perilaku etis dan jujur serta menghargai ide orang lain dengan cara melakukan pengutipan referensi secara benar. 

Orang melakukan plagiarisme karena kurangnya pengetahuan plagiarisme adalah tindakan kejahatan akademik yaitu Manajemen waktu yang buruk, Karena ketidaktahuan cara menghindari plagiarisme, Kurangnya kepedulian bahwa plagiarisme tindakan kejahatan. 

Jenis – jenis Ketidakjujuran Akademik : 

1.Plagiarisme

2.Penulis bayangan

3.Kolusi

4.Pencurian

Akibat Plagiarisme : 

1.Malas belajar, karena ada cara lebih gampang untuk lulus.

2.Tidak terlatih mengembangkan akademik. 

3.Plagiat adalah pencurian hak intelektual orang lain. 

Cara menghindari plagiarisme yaitu mencantumkan setiap fakta, menyebutkan sumber yang valid,dan mendengarkan pendapat orang lain.


Materi Pada hari ke 2 yaitu Sistem Perkuliahan & Pembimbingan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Purnomo, M.S. Perbedaan Sekolah vs Kuliah sekolah :

•Bukan SKS

•1 Kelas, temannya sama

•1 Kelas, jumlahnya tetap

•Guru : mengajar

•Tahun masuk dan lulus umumnya sama 

Kuliah : 

•SKS

•Temannya bisa beda-beda

•Jumlahnya beda-beda

•Belajar lebih mandiri, dosen mengajar lebih cepat.

•Dosen : mengajar, meneliti, mengabdi

Satuan Kredit Semester (SKS)

Satu SKS pada proses pembelajaran berupa kuliah, responsi, atau tutorial, terdiri atas : 

Kegiatan tatap muka 50 menit per minggu per semester.

Kegiatan penugasan terstruktur 60 menit per minggu per semester.

Kegiatan mandiri 60 menit per minggu per semester.

Satu SKS pada proses pembelajaran berupa seminar atau bentuk lain yang sejenis, terdiri atas :

• Kegiatan tatap muka 100 menit per minggu per semester,

• Kegiatan mandiri 70 menit per minggu per semester.

Satu SKS pada proses pembelajaran berupa praktikum, praktik studio, praktik bengkel, praktik lapangan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan proses pembelajaran lain yang sejenis, 170 menit per minggu per semester. 

Jurusan vs Program Studi : 

Jurusan : Unsur pelaksanaan akademik di bawah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dalam satu atau sejumlah cabang iptek. 

Program Studi : Kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik dan profesional yang didasarkan atas dasar suatu kurikulum. 

Pembimbing Akademik adalah dosen yang ditetapkan oleh dekan atas usula ketua program studi. Masa waktu menemui pembimbing akademik paling sedikit 3x dalam 1 semester. 

Tugas Pembimbing Akademik : 

Membantu mahasiswa menyusun program studi.

Membantu mahasiswa dalam mempertimbangkan mata kuliah yang akan diambil.

Mengevaluasi perkembangan studi mahasiswa.

Mendokumentasi hasil pemantauan mahasiswa. 

Membantu mengatasi masalah masalah studi yang menghambat kelancaran studi apabila diperlukan. 




Pada hari ke 3 disampaikan materi Pengembangan Karakter Mahasiswa oleh Dr. Ir. Abdullah Aman Damai, M.Si.

Ormawa : Organisasi Mahasiswa Terdapat 15 organisasi mahasiswa, 10 tingkat jurusan dan 5 tingkat fakultas yang terdiri dari : 3 UKMF, 1 BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) , 1 DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa). 

Silvitas Akademik adalah masyarakat akademik yag terdiri atas dosen dan mahasiswa unila. selanjutnya Hak dan Kewajiban Mahasiswa disampaikan oleh Dr. Ir. Kuswanta Futas Hidayat, M.P.

Norma Umum Pegangan Mahasiswa : 

1. Mengikuti proses pembelajaran sesuai peraturan Unila dengan menjunjung tinggi norma dan etika akademik. 

2. Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya dan menghormati ibadah peserta didik lain.

3. Menghormati tenaga kependidikan serta tidak merendahkan dan melakukan penghinaan kepada sesama warga unila secara verbal.

4. Memelihara kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial. 

5. Menjaga kewibawaan dan nama baik Unila.

6. Mematuhi semua peraturan yang berlaku di Unila.

7. Menghargai dan memajukan IPTEKS. 

8. Menjunjung tinggi kebudayaan nasional.

9. Menghargai waktu, antara lain dengan menepati waktu.

10. Selalu berusaha meluruskan dan menasehati warga Unila yang melakukan perbuatan tercela. 

Norma Khusus Pegangan Mahasiswa : 

1. Berpakaian yang sopan yaitu yang dapat diterima masyarakat khususnya masyarakat Unila. Rapi, bersih, bersepatu, tidak menonjolkan yang dianggap masyarakat Unila suatu yang tidak enak dilihat, sesuai dengan waktu dan tidak berkaos oblong.

2. Dalam mengikuti upacara resmi di Unila, berpakaian mengikuti tata tertib protokoler yang umumnya berpakaian nasional. 

3. Berpotongan rambut yang rapi.

4. Bersikap sopan kepada siapapun dengan berpedoman.

5. Berbicara sopan dengan menggunakan bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa asing baku. 

6. Bertegur sapa sesama mahasiswa, dosen, pemimpin fakultas.

7. Membiasakan membuat perjanjian terlebih dulu dengan dosen atau para pemimpin Unila sebelum berkunjung baik ke tempat Unila maupun ke rumah. 

8. Mengetuk pintu jika akan memasuki ruang dosen, pemimpin, dan semua ruang kerja orang lain.

9. Meminta izin masuk ruang kuliah kepada dosen jika datang terlambat dan sewaktu meninggalkan ruang kuliah sebelum perkuliahan selesai.

10. Tidak membuat gaduh, baik di dalam maupun di luar ruang kuliah. 

11. Tidak menghalangi orang lain memasuki ruangan, gedung, atau kompleks kampus dengan cara bergerombol di depan pintu atau jalan. 

12. Tidak menggunakan telepon seluler di dalam kelas. 

Hak Mahasiswa (pasal 4)

1. Memperoleh layanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, potensi, dan kemampuannya;

2. Memanfaatkan fasilitas akademik dan fasilitas umum di Unila guna memperlancar proses belajar;

3. Memperoleh layanan informasi tentang program studi yang diikutinya dan hasil belajarnya;

4. Menyelesaikan lebih awal dari ketentuan lama studi yang ditetapkan sesuai dengan persyaratan yang berlaku;

5. Menggunakan kebebasan akademik dengan mengutamakan penalaran dan akhlak mulia serta bertanggung jawab sesuai dengan budaya akademik;

6. Pindah program studi di lingkungan Unila dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan jika daya tampung masih ada;

7. Memperoleh layanan kesejahteraan sesuai ketentuan yang berlaku;

8. Ikut serta dalam kegiatan dan menjadi pimpinan organisasi kemahasiswaan Unila.

Kesan saya saat ospek Mahasiswa Universitas Lampung yang telah berakhir. Selama 4 hari ospek Universitas Lampung banyak sekali yang saya dapatkan, mulai dari ilmu pengetahuan, pengalaman, serta motivasi yang saya dapatkan. Mengenal kakak-kakak panitia juga merupakan hal yang sangat menyenangkan, ditambah kakak-kakanya baik jadi ilmu yang disampaikan bisa diterima dengan sangat jelas. Saya sangat mengapresiasi PKKMB yang diadakan Universitas Lampung dengan konsep yang menarik dan hadiah yang dapat membantu para mahasiswa barunya. Materi yg disampaikan sangat bermanfaat dan tidak ada unsur kekerasan dalam kegiatan jadi tidak ada rasa tertekan pada saat pelaksanaannya.

Pesan saya untuk teman-teman peserta PKKMB Fakultas mahasiswa baru angkatan 2023 jangan pernah sombong, jangan membeda-bedakan teman, kuatkan toleransi, tingkatkan iman dan takwa, dunia kuliah bebeda dengan dunia sekolah dimana kita sudah menjadi mahasiswa bukan lagi siswa, Kita harus tetap semangat! Ingat selalu orangtua atau wali kalian, karena mereka adalah salah satu faktor kalian bisa menuntut ilmu di Universitas Lampung. Manfaatkan waktu kalian sebaik mungkin untuk menimba Ilmu di Universitas Lampung dengan baik dan benar. Agar visi-misi Universitas Lampung dapat terealisasikan dengan baik. Agar menjadi Enterprising University. Insya Allah we’re different. Untuk membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki intelektual berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islam. Agar generasi muda Indonesia menjadi cerdas, berkualitas, kreatif, beriman, bertaqwa, serta berakhlak mulia. Saya juga berterimakasih kepada kakak-kakak panitia yang sudah bekerja keras menyiapkan dan merencanakan acara ini hingga terlaksana dengan sangat baik. Usaha dan partisipasinya yang rela berangkat pagi-pagi pulang malam-malam hanya untuk menyelenggarakan acara ini. Tak lupa juga saya sangat berterimakasih dan bersyukur kepada Allah SWT dan juga pada Rektor, Dekan dan dosen yang ikut serta memberi bantuan atas terlaksanakan nya acara yang sangat mengesankan ini.terima kasih abang ,mba dan segenap panitia pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Universitas Lampung.

Comments